24 September 2019

Tips Renang Gaya Bebas Untuk Pemula

Posted by Reny Mony under: Uncategorized .

tips kolam renang

Berenang adalah olahraga serbaguna yang bisa dijalankan dengan beragam gaya, jarak, dan tingkat kesusahan. Sekiranya Anda yaitu pemula, karenanya Anda direkomendasikan untuk mencoba renang gaya bebas dalam jarak dekat dengan sela rehat terjadwal . Memakai metode renang gaya bebas yang benar tak cuma berguna bagi otot dan pernafasan, melainkan juga menolong Anda supaya lekas jago dalam berenang.

Sistem renang gaya bebas untuk pemula
Ada sebagian langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa berenang dengan gaya bebas. Berikut penjelasannya.

Baca juga : Jasa Pembuatan kolam renang terpercaya di jakarta

Mengayunkan tangan
Luruskan kedua tangan Anda dengan jarak sekitar 40 cm dari kepala. Lebarkan sedikit jari Anda ketika tangan meraba air dan ikuti aliran pada permukaan air dengan telapak tangan Anda. Kepala Anda seharusnya lurus dengan badan. Ini berarti dahi dan wajah Anda berada di dalam air, meskipun rambut dan puncak kepala Anda berada di permukaan air.

Kemudian, mulailah melatih ayunan tangan dalam renang gaya bebas dengan metode berikut:

  • Gerakkan tangan kanan Anda ke bawah, lalu ke belakang dengan posisi vertikal. Pada ketika yang sama, siku dan lengan atas tangan kiri Anda konsisten berada di atas permukaan air dan bergerak sedikit ke luar.
  • Ayunkan tangan kanan Anda yang berada di air ke arah badan. Pakai gerakan ini untuk menolong mensupport badan Anda ke depan.
  • Tangan kanan Anda akan berayun ke arah pinggang. Miringkan badan Anda supaya tangan kanan bisa berayun tanpa terhalang pinggang.
  • Sesudah tangan kanan Anda berayun ke arah badan, angkat siku tangan kanan Anda ke atas permukaan air sampai ujung siku menunjuk arah atas. Tangan Anda seharusnya rileks dengan jari-jari yang sedikit terbuka. Lakukan ayunan ini dengan gerakan memutar.
  • Lakukan metode berayun yang sama pada tangan kiri Anda untuk melanjutkan gerakan renang gaya bebas.

Menjalankan gerakan menendang dan memutar tubuh
Gerakan menendang dan memutar tubuh memberikan daya supaya tubuh Anda bisa bergerak ke depan. Fokuslah untuk menendang dengan mencontoh gerak tubuh. Gerakan menendang yang salah justru bisa ‘menyeret’ posisi tubuh dan membikin Anda kencang lelah.

Langkah yang perlu Anda lakukan yaitu:

  • Menendang dengan kaki lurus. Kekuatan yang dipakai seharusnya berasal dari pinggang dan paha, bukan dari lutut.
  • Menendang sebanyak tiga kali tiap-tiap satu ayunan tangan.
  • Luruskan ujung-ujung jari kaki Anda selama berenang.
  • Maksimalkan dorongan tubuh Anda ketika renang gaya bebas dengan metode memiringkan badan ke kanan dan kiri layak ayunan tangan. Putar tubuh Anda ke kanan ketika tangan dan pundak kanan bergerak ke depan, seperti itu bahkan sebaliknya. Putarlah tubuh Anda dari pinggang, dan bukan dari pundak.

Berlatih bernafas
Sistem bernafas ketika menjalankan renang gaya bebas perlu disesuaikan dengan posisi tubuh. Dikala tubuh Anda berputar, salah satu sisi wajah Anda angkat terangkat ke permukaan air. Ini yaitu peluang bagi Anda untuk menarik nafas. Anda baru menghembuskan nafas kembali ketika wajah menghadap air.

Berikut hal yang perlu Anda observasi:

  • Putar badan Anda ke kanan atau ke kiri sejauh kaprah-kaprah 30 derajat. Tariklah nafas secukupnya dan jangan terlalu panjang. Sekiranya perlu, Anda bisa menarik nafas tiap-tiap kali wajah berada di permukaan.
  • Jangan mengangkat kepala Anda ketika menarik. Sistem ini akan mengacaukan keseimbangan ketika renang gaya bebas.
  • Jaga tubuh dan lengan Anda konsisten terbentang lurus ketika bernafas.
  • Embuskan nafas Anda melalui mulut ketika wajah berada dalam air. Anda perlu menghembuskan nafas secara optimal supaya tak ada waktu yang terbuang ketika Anda menarik nafas di permukaan air.
  • Sistem mengayunkan tangan, menendang dan berputar, serta mengendalikan nafas yaitu tiga elemen penting dalam renang gaya bebas. Awali dengan melatihnya satu demi satu, lalu gabungkan ketiganya ketika Anda berenang. Dengan rutin berlatih, Anda akan kian terbiasa dan lama-kelamaan cakap melaksanakannya secara otomatis.

Kunjungi >> Kontraktor kolam renang di jakarta

Did you like this? Share it:

Leave a Reply